Fisioterapi di rumah

Fisioterapi Pada Pasien Stroke

Stroke adalah salah satu penyakit pembunuh nomer 1 di dunia. 1 dari 4 orang berpotensi terkena serangan Stroke. Banyak faktor yang menyebabkan dewasa ini penyakit Stroke semakin meningkat.

Selain menyebabkan kematian, pasien stroke yang selamat dari resiko kematian sebagian besar mengalami kecacatan, kehilangan pekerjaan dan produktifitas.

Penanganan pasien dengan penderita Stroke harus segera dan tidak dapat di tunda. Pasien yang terserang Stroke memiliki gejala seperti kejang, tiba-tiba ngorok tidak sadar, atau tiba-tiba tangan dan kaki lemah sebagian.

 

Pasien yang memiliki gejala mendadak seperti itu harus segera di bawa ke rumah sakit untuk dapat langsung mendapatkan pelayanan yang tepat. Tindakan dan diagnosis dokter yang tepat akan memengaruhi proses pemulihan, meminimalkan resiko kematian dan kecacatan.

 

Fisioterapi pada pasien stroke di rumah

Pasien yang masuk ke rumah sakit dengan diagnosa Stroke akan di rawat minimal 1 minggu sampai 2 minggu. Tergantung kondisi.

 

Peran Fisioterapi sudah mulai bisa di lakukan sejak pasien di rawat di Rumah sakit. Saat di rumah sakit Fisioterapis akan menganalisis seberapa berat gangguan gerak pada pasien akibat serangan Stroke tersebut. Apakah ada kelemahan otot, apakah ada gangguan bicara, dll. Fisioterapi pada tahap awal akan berperan pada pencegahan kaku sendi, pencegahan luka dekubitus, pencegahan efek tirah baring lama seperti penumpukan secret atau dahak pada paru dll.

 

Pasien dengan gangguan gerak dan kelemahan yang berat masih harus terus menjalani proses fisioterapi hingga 3 sampai 6 bulan tergantung kondisi. Stroke dengan gangguan gerak ringan akan dapat pilih dalam waktu 1 atau 2 bulan. Untuk kasus berat membutuhkan waktu terapi yang lebih lama.

 

Proses fisioterapi pada pasien stroke

Proses fisioterapi dilakukan sejak di Rumah sakit. Setelah pasien selesai dirawat di rumah sakit pasien masih harus rutin ke rumah sakit untuk mendapatkan obat dari dokter saraf dan fisioterapi.

Fisioterapi stroke di Rumah

Fisioterapi akan mengajarkan bagaimana cara pasien agar dapat kembali ke sedia kala atau memaksimalkan kondisi saat ini, mengurangi dan mencegah kecacatan permanen dan komplikasi lainnya.

 

Proses fisioterapi pasien stroke berlangsung lama dan terjadwal. Bagi anda yang menginginkan proses fisioterapi di lakukan di rumah anda bisa menggunakan layanan homecare fisioterapi online kami Physiocall24. Layanan fisioterapi homecare se Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *