Bagaimana fisioterapi pada pasien stroke di rumah

Stroke adalah salah satu penyakit terbesar di Indonesia. Penderita stroke dapat sembuh 100%, 80%, 50% dll. Tergantung dari seberapa cepat dan akurat penanganan pasien stroke tersebut. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kesembuhan pasien.

Pasien stroke yang hanya bisa berbaring saja, oleh fisioterapis akan di ajarkan bagaimana caranya agar pasien tersebut bisa miring ke kiri, bisa miring ke kanan tanpa bantuan. Fisioterapis uga akan mengajarkan bagaimana cara mengangkat bokong, untuk menguatkan panggulnya sebelum latihan duduk.

Setelah pasien dapat miring ke kanan dan kekiri sendiri tanpa kesulitan, pasien akan di ajarkan bagaimana cara duduk yang benar dan ringan buat pasien tersebut. Pasien akan di ajarkan bagaimana cara adaptasi posisi, agar pasien tidak pusing setelah duduk lama, bagaimana cara pasien duduk dengan tegak, bagaimana kontrol postur dll. Pasien akan belajar apa saja yang bisa dilakukan oleh pasien saat sudah bisa duduk, misal makan sendiri, minum sendiri dll.

Setelah pasien bisa duduk sendiri tanpa kesulitan, bisa duduk sendiri dari posisi tidur tanpa bantuan, pasien akan di ajarkan bagaimana cara pasien berdiri, menahan berat badan, keseimbangan posisi berdiri dll.

Setelah bisa berdiri pasien akan di ajarkan bagaimana cara melangkah, cara berjalan, cara naim turun tangga, cara berjalan cepat dll

itu semua adalah tahapan tahapan panjang yang harus dilalui seorang pasien stroke ketika melakukan terapi fisioterapi.

Fisioterapis akan menjadwalkan anda biasanya 3x seminggu terapi.

Untuk order layanan fisioterapi stroke di rumah profesional silahkan anda menghubung CS kami, atau anda dapat download aplikasi order fisioterapi Online kami di “Home Care Fisioterapi Online physioCall24” di playstore